Home » Blog » Ulangan Semester Bikin Gemeter

Ulangan Semester Bikin Gemeter

Ayo Nge-Blog

Berisi opini, eksperimen flash, My Student, E-Learning, Persiapan UN 2009, dll. File-file FLA, Software, dan soal-soal gratis dapat didownload di halaman DOWNLOAD. Semoga bermanfaat....

Anda Pengunjung ke-

  • 87,491

CALENDAR

December 2010
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Ah, masa’ sih?

Bahasa anak sekarang itu lebay dan menyengat.

Seyogyanya tidak demikian apabila semua dipersiapkan dengan baik. Persiapannya mesti luar-dalam dan lahir-pikir-bathin.

Lahir haruslah segar-bugar, gak loyo, gak flu, apalagi beser (sering ke kamar kecil). Pikir tentu telah penuh penguasaan konsep, ketrampilan proses, dan kemampuan dasar lain yang mendukung.

Misal menghadapi Matematika kelas XII IPA semester satu ini, maka konsep tentang integral, program linear, matriks, vektor, dan transformasi mestinya sudah “tertata indah” di pikiran kita. Ketrampilan mengintegralkan, menggambar luasan, mengalikan matriks, menentukan persamaan bayangan kurva setelah ditransformasi juga diperlukan, terutama “ketrampilan/ketangkasan” dalam proses. Percuma, dong kalau konsep udah mateng tapi lelet memprosesnya. Waktu terbatas. Kemudian ketrampilan dasar. Ini yang kadang membuat prihatin. Terkadang kita lama untu menghitung 18 x 11 atau 1/2 + 1/3 + 1/5. Padahal kemampuan ini sudah diasah sejak 7 tahun lalu.

Terakhir adalah bathin atau perasaan. Perasaan haruslah dalam kondisi stabil. Tidak ada perasaan was-was, pesimis, atau marah, sedih, dan patah semangat (termasuk patah hati, hehe). Mestinya, saat semesteran, sungkem kepada orang tua (supaya dapat doanya), langkah pertama: Bismillah, Ya Alloh, karuniai aku dengan hidayah dan keberuntungan, langkah selanjutnya aku bisa, aku bisa, dan aku bisa (seperti kampanye saja).

Tapi, semester telah berlalu. Resep ini jadi sia-sia.

Oh, nggak. masih ada seleksi masuk perguruan tinggi. masih ada UN yang bakal kita hadapi. ada seleksi masuk kerja (yang pingin langsung kerja).

Untuk bahan instropeksi terhadap pekerjaan Matematika semester ini, silakan download pembahasannya secara detail pada link di bawah ini. Pelajari, bandingkan dengan jawabanmu waktu itu, dan saatnya meng-kalkulasi nilai yang akan kita peroleh pada semester I ini.

Link: Pembahasan Soal Matematika Semester I

Ayo kita belajar, ya!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: