Home » Blog » Dual Monitor untuk apa ya?

Dual Monitor untuk apa ya?

Ayo Nge-Blog

Berisi opini, eksperimen flash, My Student, E-Learning, Persiapan UN 2009, dll. File-file FLA, Software, dan soal-soal gratis dapat didownload di halaman DOWNLOAD. Semoga bermanfaat....

Anda Pengunjung ke-

  • 87,491

CALENDAR

April 2010
M T W T F S S
« Mar   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Pada laptop/komputer sering dilengkapi fasilitas dual monitor. Untuk apa sih? Gunanya apa sih? Ini yang menggelitik fikiran saya dua tahun yang lalu. Setelah belajar dari sana-sini, akhirnya terjawab sewaktu saya ikut ESQ. Tampilan visual ESQ begitu mempesona, tetapi perpindahan slidenya dilakukan dengan cepat dan tepat oleh trainer. Padahal pada slide tidak terdapat menunya. Mesti ada rahasianya: presentasi powerpoint dengan dual monitor. Paparan ini semoga menjawab comment dari Mas Sarbowo.

Ternyata, perpindahan antar slide dapat dilakukan tanpa keluar dari view presentasi kalau menggunakan dual monitor. Dan kelebihan ini terkadang saya manfaatkan untuk mengerjakan hal lain di komputer, sementara pada layar LCD masih “tersaji” soal-soal latihan untuk siswa. Atau terkadang saya gunakan untuk menyiapkan soal berikutnya, sementara di layar LCD masih terpampang soal yang belum selesai dipecahkan siswa.

Langkah mengaktifkan dual monitor (semoga tidak menggarami air laut …)

1. Buka setting display komputer, dan aktifkan monitor 2 dan beri check pada pilihan extend my windows dst. Lalu Apply/OK.

Maka layar monitor komputer seakan-akan terbelah dua, monitor 1 untuk layar kerja dan monitor 2 untuk display dekstop.

2. Salah satu soft presentasi yang view-nya menggunakan tampilan dekstop adalah ms. powerpoint. Makanya kita dapat melakukan aktivitas lain pada komputer secara bersamaan dengan tampilnya presentasi pada layar LCD. Tips: Cara mengaktifkan presentasi powerpoint menggunakan dual monitor (Saya ambil MS. Powerpoint 2003, versi atasnya menyesuaikan saja…)

Pertama:
Lakukan perubahan pada set up show seperti box di bawah ini.

Kedua:
Pada saat view/show akan muncul seperti ini pada monitor 1 (komputer)

3. Pada saat presentasi telah berjalan, maka kita dapat membuka program lain, misal MS. Word, MS. Excel, atau mengedit presentasi kita sendiri tanpa terlihat oleh “Pemirsa”.

Pengalaman yang saya lihat adalah banyak orang menampilkan presentasi powerpointnya TANPA memanfaatkan fasilitas ini. Sayang, kan?

Semoga bermanfaat.


6 Comments

  1. senang rasanya masih bisa berkunjung di rumah sahabat di akhir pekan ini, salam dari kalimantan tengah 00:15

  2. Saiful ghozi says:

    trims atas berbaginya… mas

  3. Saiful ghozi says:

    eh.. pak, maaf, hehe

  4. menyongsong datangnya bulan Romadhon, mari kita mempersiapkan diri untuk hati yang lebih bersih dan rasa saling menghormati. mohon maaf kalau komentar ini sekedar menyapa, tidak sesuai dengan isi postingan 22:11

  5. Dana says:

    Pengalaman ini yang saya cari, Terima kasih banyak atas berbagi ilmunya, semoga Alloh SWT membalas dengan yang lebih baik. Amin

  6. uli says:

    maaf pak kenapa langkah kedua tidak bisa ya pak? padahal langkah pertama sudah saya lakukan.
    mohon penjelasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: