Home » Blog » Membuat Trails Effect dengan Flash

Membuat Trails Effect dengan Flash

Ayo Nge-Blog

Berisi opini, eksperimen flash, My Student, E-Learning, Persiapan UN 2009, dll. File-file FLA, Software, dan soal-soal gratis dapat didownload di halaman DOWNLOAD. Semoga bermanfaat....

Anda Pengunjung ke-

  • 87,491

CALENDAR

March 2010
M T W T F S S
« Nov   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Jogja, 30 Maret 2010. Di tengah penatnya pelatihan, tiba-tiba muncul gagasan untuk membuat efek trails bila mouse digerakkan. Ini sekaligus membayar hutangku pada seseorang yang mampir di blog ini dan menanyakan scripts-nya seperti apa.

1. Mula-mula saya buat symbol lingkaran1 dengan behavior graphic.

2. Kemudian saya buat symbol lingkaran2 dengan behavior movieclip
Pada frame 1 saya letakkan symbol lingkaran1
Pada frame 10 saya insert keyframe (F6)
Objek pada frame 10 diberikan alpha 0%
Pada frame 10 diberikan action “stop”
Pada frame 1 berikan tweening motion

3. Pada stage letakkan symbol lingkaran2 beri nama instance “lingkaran3”
pada frame 1 berikan actionscript:

_root.onEnterFrame=function(){
lingkaran3.duplicateMovieClip(lingkaran,_xmouse);
lingkaran3._x = _xmouse;
lingkaran = _ymouse;
}

4. simpan file dan test movie.

Hasil dari test movie akan diperoleh gerakan pointer mouse yang diikuti oleh lingkaran yang makin lama makin hilang.

Hasil file eksperimen ini bisa didownload di sini.

Semoga bermanfaat!!


4 Comments

  1. Sarbowo says:

    Komputer di skulku gak bisa akses eksperimen ini, sayang!
    Pak Is, boleh saya dikasih tahu caranya kerja di slide power point, sementara, pada saat yang sama, saya tampilkan slideshow di depan kelas?
    Kola boleh, mohon dituliskan diblog atau di e-mail saya.
    Beberapa kali saya mampir di Blog Ayo Belajar, tapi sering agak kecewa, karena progresnya belum maksimal.
    Makasih.

  2. Tares says:

    Waaah.. terima kaish pak.. hehehe

  3. Sarbowo says:

    Matur nuwun sanget alias makasih banget.
    Ini bukan menggarai air laut tapi menggarai sayur hambar. Akan saya coba, jika saya bermasalah lagi dapat ngeklik lagi.

  4. menyongsong datangnya bulan Romadhon, mari kita mempersiapkan diri untuk hati yang lebih bersih dan rasa saling menghormati. mohon maaf kalau komentar ini sekedar menyapa, tidak sesuai dengan isi postingan 22:12

Leave a Reply

